Rabu, 08 Juni 2016

Cara menghilangkan jerawat dengan bahan alami

Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Membandel Dengan Bahan Alami

Cara Menghilangkan Bekas Jerawat – Jerawat merupakan momok yang menjengkelkan bagi sebagian orang, terutama wanita. Tak hanya jerawat saja yang mengganggu, bekas jerawatnya pun menjadi hal yang paling ditakutkan. Bekas jerawat dapat menurunkan tingkat kepercayaan diri seseorang. Berbagai cara untuk menghilangkan bekas jerawat ditempuh demi mengembalikan rasa percaya diri yang merosot, mulai dari cara yang kimiawi dan instan seperti operasi laser dan suntik vitamin C, maupun dengan cara alami menggunakan buah-buahan dan sayur-sayuran.
Bekas jerawat biasanya disebabkan oleh kebiasaan memencet jerawat. Keadaan tangan yang kotor ketika memencet jerawat menyebabkan bakteri berkembang biak sehingga meninggalkan bekas saat jerawat tersebut mengering. Kalau sudah begini, mereka yang sangat memperhatikan penampilan akan sibuk mencari cara menghilangkan bekas jerawat. Ketika metode operasi laser tidak ampuh lagi, mereka akan berpaling pada cara alamiah. Menghilangkan bekas jerawat dengan bahan-bahan alami membutuhkan waktu yang relatif singkat dan hasilnya bisa dibilang memuaskan.

 

Beberapa Cara menghilangkan bekas jerawat dengan bahan alami :

Bahan-bahan alami yang dipercaya ampuh menghilangkan bekas jerawat adalah bawang putih, mentimun, jeruk nipis, tomat, lidah buaya, madu, teh hijau dan minyak zaitun. Bahan-bahan tersebut tentunya harus diolah sedemikian rupa agar manfaatnya lebih maksimal.

- Bawang Putih

Bawang putih tak hanya terkenal sebagai zat anti-karsinogen dan bumbu dapur, namun juga diyakini ampuh untuk menghilangkan bekas jerawat yang membandel. Cara mengolahnya pun mudah. Cukup siapkan sekitar tiga sampai lima siung bawang putih, tumbuk hingga halus. Setelah itu balurkan pada area yang terdapat bekas jerawat dan tunggu sampai mengering, kemudian bilas dengan air dingin.

- Mentimun

Mentimun adalah jenis sayuran yang memiliki banyak manfaat, salah satunya untuk menghilangkan bekas jerawat. Mentimun mengandung vitamin A, C, dan magnesium yang baik bagi kulit. Cara menghilangkan bekas jerawat dengan mentimun yaitu ambil mentimun (lebih bagus mentimun organik), lalu iris menjadi beberapa bagian. Tempelkan irisan mentimun tersebut ke area wajah yang memiliki bekas jerawat, diamkan selama tiga puluh menit, lalu bilas hingga bersih. Ulangi metode ini setiap hari untuk mendapatkan hasil yang cepat dan maksimal.

- Tomat

Menggunakan buah tomat dapat menjadi alternatif cara menghilangkan bekas jerawat. Tomat yang memiliki kandungan vitamin C yang cukup tinggi diyakini mampu mengusir bekas jerawat yang membandel dan sukar dihilangkan. Terdapat dua metode menghilangkan bekas jerawat dengan tomat, yaitu metode dengan irisan tomat dan metode masker tomat.
Metode yang pertama cukup mudah dilakukan. Caranya ambil beberapa buah tomat kemudian potong-potong. Letakkan irisan-irisan tomat tersebut ke bagian wajah yang berbekas jerawat. Diamkan selama dua puluh hingga tiga puluh menit, setelah itu bilas. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, lakukan metode ini sebanyak tiga kali dalam seminggu. Hasilnya dapat terlihat dalam jangka waktu satu bulan.
Cara menghilangkan bekas jerawat dengan masker tomat yakni dengan memblender halus satu sampai dua buah tomat yang tidak terlalu matang, tanpa perlu menambahkan air. Balurkan masker tomat secara merata ke seluruh wajah, biarkan selama beberapa menit hingga mengering, kemudian bilas.

- Lidah Buaya

Lidah buaya, selain bermanfaat untuk menyuburkan rambut, dapat digunakan juga untuk menghilangkan bekas jerawat. Hasilnya tentu akan lebih optimal jika lidah buaya ini dibuat masker. Bagaimana cara menghilangkan bekas jerawat dengan masker lidah buaya? Ambil satu buah lidah buaya. Cuci bersih, lalu parut hingga halus. Tambahkan sedikit minyak zaitun pada parutan lidah buaya tadi. Aplikasikan parutan lidah buaya dan campuran minyak zaitun tersebut sebagai masker wajah. Tunggu selama lima menit hingga masker mengering, setelah itu bilas dengan air dingin. Lakukan rutin setiap harinya untuk hasil maksimal.

 

- Madu

Madu tak hanya dapat dikonsumsi, namun juga bermanfaat untuk menyembuhkan jerawat dan melenyapkan bekas jerawat karena kandungan anti-bakteri di dalamnya. Pengaplikasian madu ke wajah sebagai cara menghilangkan bekas jerawat dapat dilakukan secara langsung. Namun sebaiknya gunakan madu alami, bukan berbentuk olahan agar hasil yang didapat lebih optimal

Teh Hijau

Teh hijau yang bersifat anti-inflamasi ternyata juga bisa mengikis bekas jerawat serta mengurangi peradangan dan kemerahan pada wajah akibat jerawat. Cara mengaplikasikan teh hijau ini sama seperti jeruk nipis, yaitu dengan dijadikan es batu. Pertama-tama seduh teh hijau, kemudian masukkan ke dalam lemari es sampai mengeras. Setelah itu bungkus es batu dengan kain bersih, tempelkan pada bagian bekas jerawat hingga kulit seperti mati rasa selama sekitar satu sampai dua menit. Jika dilakukan rutin setiap hari, bekas jerawat akan semakin pudar setiap harinya.

Minyak Zaitun

Cara menghilangkan bekas jerawat yang terakhir adalah dengan menggunakan minyak zaitun. Minyak zaitun terkenal akan kandungan antioksidan, vitamin E, serta berbagai mineral lainnya. Sejak dahulu minyak zaitun banyak digunakan sebagai kosmetik dan bahan untuk perawatan wajah. Selain melembabkan dan menghaluskan kulit, minyak zaitun juga dapat memudarkan bekas luka membandel di wajah maupun tubuh. Pengaplikasiannya pun sangat mudah. Oleskan minyak zaitun ke seluruh wajah setiap pagi hari dan malam hari sebelum tidur. Lakukan rutin setiap hari. Tak hanya wajah mulus tanpa noda yang didapatkan, tetapi juga kulit cerah, halus dan kencang.
Untuk memperoleh hasil yang lebih optimal, tentunya cara menghilangkan jerawat dengan bahan-bahan alami tersebut harus dilakukan secara teratur. Segala sesuatu tidak ada yang instan alias butuh proses. Namun jika dilakukan dengan benar dan rutin, maka hasil yang didapat pun akan memuaskan. Selamat mencoba.



Sumber : http://manfaatsehat.id/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar